Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Bakar Diri dalam Protes Kepemilikan Tanah

Kompas.com - 25/02/2014, 08:33 WIB
GUWAHATI, KOMPAS.COM - Seorang petani India membakar dirinya hingga tewas, Senin (24/2/2014), dalam sebuah unjuk rasa terkait kepemilikan tanah. Prabin Boro (45 tahun), nama petani itu, menyiram tubuhnya dengan bensin dan membakar dirinya di Assam, India, setelah pemerintah negara bagian memutuskan tidak memberikan surat kepemilikan tanah kepada orang-orang yang tinggal di perbukitan di dekat Guwahati.

Ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Gauhati Medical College dengan kondisi luka bakar 100 persen di tubuhnya. Boro dinyatakan meninggal beberapa waktu kemudian.

Istrinya, Purnima, mengatakan bahwa Boro mengaku ia akan mati demi kebaikan masyarakat, walau sang istri telah memintanya untuk tidak melakukan hal itu.

Kepada Indian Express, istrinya itu mengatakan, "Pagi ini ketika ia berangkat untuk berpartisipasi dalam unjuk rasa itu, suami saya mengatakan kepada saya bahwa ia akan mati hari ini demi kepentingan masyarakat. Saya mengatakan kepadanya untuk tidak pergi karena siapa yang akan memelihara tiga anak kami jika ia meninggal. Tetapi suami saya mengatakan ia harus mati demi kepentingan yang lebih besar buat masyarakat agar mendapatkan surat-surat atas tanah mereka."

Purnima kini telah meluncurkan legal action terhadap dua politisi, yaitu Ketua Menteri Tarun Gogoi dan Menteri Pendapatan Prithibi Majhi. Ia mengklaim bahwa keputusan mereka telah menyebabkan kematian suaminya.

Saat kabar kematian Boro tersiar, protes pun bermunculan di seluruh negara bagian itu.

Menurut New India Express, sedikitnya 60 aktivis telah ditangkap karena mereka memblokade jalan raya utama dan satu jalur kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com