Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendemo Klaim Kuasai Kantor Kepresidenan Ukraina

Kompas.com - 22/02/2014, 18:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Para pendemo antipemerintah mengklaim menguasai Kantor Kepresidenan Ukraina di Kiev. Menurut warta AP  pada Sabtu (22/2/2014), pengunjuk rasa tak menjumpai Presiden Ukraina Victor Yanukovych di tempat itu.

Sementara itu, pihak oposisi sudah menekan agar Yanukovych mundur dari jabatannya. "Yanukovych tidak ada di sini," begitu kata seorang pemimpin unjuk rasa Ostap Kryvdyk seraya menambahkan kalau para pengunjuk rasa tidak menggunakan kekuatan tatkala masuk ke halaman gedung tersebut.

Pada bagian selanjutnya, pemimpin oposisi Ukraina Vitaly Klitschko mengatakan Presiden Yanukovych telah meninggalkan Kiev. "Ukraina harus menyelenggarakan pemilihan dini,"kata mantan petinju ini.

Keberadaan Yanukovych belum diketahui. Kuat dugaan, dia pergi ke Kharkiv, kota di bagian timur laut Ukraina.

Kediamannya di luar ibu kota pun kosong dan tak dijaga. Media melaorkan, wartawan bebas masuk ke kediaman Yanukovych tersebut.

Namun sebuah sumber senior yang mengurusi keamanan mengatakan Presiden Yanukovych masih di Ukraina. "Dia baik-baik saja. Dia masih di Ukraina," kata sumber itu.

Ketika ditanya apakah pemimpin yang diminta mundur itu berada di ibu kota, sumber tersebut menjawab,"Saya tak dapat mengatakannya."

Anna Herman, seorang anggota parlemen yang dekat dengan Presiden Yanukovych, sebagaimana warta UNIAN mengatakan Presiden Yanukovych berada di Kharkiv.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com