Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Bertemu Dalai Lama, China Meradang

Kompas.com - 21/02/2014, 17:36 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama akan menerima pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama di Gedung Putih, Jumat (21/2/2014) waktu setempat, meski China meminta agar pertemuan itu dibatalkan.

Pertemuan kedua pemimpin itu akan digelar di Ruang Peta di lantai dasar kediaman presiden dan bukan di Ruang Oval, tempat biasa Obama menerima tamu-tamu negara.

Terakhir kali Obama bertemu Dalai Lama di Gedung Putih pada 2011. Saat itu pertemuan keduanya juga memicu kemarahan China, yang mengatakan pertemuan itu merusak hubungan China-AS.

China, yang menjuluki Dalai Lama sebagai "serigala berbulu domba" yang mencoba memerdekakan Tibet, langsung bereaksi atas rencana pertemuan di Gedung Putih itu.

"China dengan tegas menolak pertemuan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunyin.

"Kami minta pemerintah AS untuk menanggapi keberatan China dengan serius dan segera membatalkan pertemuan itu," tambah Hua.

Lebih jauh Hua menyebut Dalai Lama sebagai seorang pelarian politik yang sejak lama terlibat gerakan anti-China dengan kedok agama.

Sebelummnya, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden mengatakan Presiden Obama akan menerima Dalai Lama dalam kapasitas sebagai seorang pemimpin budaya dan keagamaan internasional.

Sebagai pertanda AS memahami kesensitifan agenda ini, maka kunjungan Dalai Lama hanya dimasukkan sebagai jadwal harian Obama dan tertutup untuk media.

Caitlin menegaskan bahwa AS mendukung pendekatan yang dilakukan Dalai Lama namun tetap mengakui Tibet sebagai wilayah Republik Rakyat China.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com