Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina Klaim Capai Kesepakatan dengan Oposisi

Kompas.com - 21/02/2014, 17:09 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych, Jumat (21/2/2014), mengatakan sudah mencapai kesepakatan dengan kelompok oposisi untuk mengakhiri krisis politik yang berkepanjangan.

Pernyataan Yanukovich menyebutkan kesepakatan -yang dicapai setelah perundingan sepanjang malam dengan penengah Uni Eropa- akan ditandatangani belakangan. Namun belum ada pernyataan dari pihak oposisi sehubungan dengan kesepakatan tersebut.

Di ibu kota Kiev, polisi dan pengunjuk rasa masih berhadapan dengan penuh ketegangan, sehari setelah jatuhnya puluhan korban jiwa akibat kekerasan.

Hari Kamis (20/2/2014) para menteri luar negeri Uni Eropa mengatakan sanksi akan diterapkan kepada beberapa pejabat Ukraina terkait kekerasan tersebut. Amerika Serikat juga sudah menyatakan akan mengikuti langkah Uni Eropa

Kekerasan meningkat dalam beberapa hari belakangan dan sejak Selasa (18/02) Kementrian Kesehatan mengatakan 77 orang tewas dan 577 lainnya cedera. Para pegiat memperkirakan jumlah korban jiwa lebih tinggi dari angka resmi.

Polisi melepas tembakan setelah pengunjuk rasa mencoba mendorong mereka keluar dari perkemahan demonstran di pusat ibukota Kiev, yang sebelumnya direbut polisi. Beberapa pengunjuk rasa menggunakan senapan berburu dan bom botol untuk menghadapi polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com