Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Lebih "Jago" ketimbang Tentara Nigeria

Kompas.com - 18/02/2014, 14:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tentara nasional Nigeria terkesan sedang patah arang. Padahal, alih-alih menjalankan tugas menumpas kelompok militan Islamis Boko Haram di utara negeri itu, mereka malah getol membandingkan kekurangan diri sendiri.

Menurut warta AP pada Selasa (18/2/2014), pada Jumat silam, pasukan pemerintah itu keteteran menghadapi aksi kelompok yang berniat mendirikan negara Islam di Nigeria tersebut dalam sebuah serangan yang menewaskan 100 orang di sebuah desa. Sementara itu, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan sudah memerintahkan penambahan pasukan mengalahkan kelompok tersebut di timur laut Nigeria.

Menurut Gubernur Negara Bagian Borno Kashim Shettima, kekuatan Boko Haram kini makin meningkat. "Mereka lebih punya nyali besar dan termotivasi. Persenjataan mereka pun lebih mumpuni," kata Shettima.

Hingga Minggu (16/2/2014), jumlah korban tewas di Desa Izge, tak jauh dari perbatasan dengan Kamerun, ada 106 orang. Dalam penyerangan itu, kelompok Boko Haram menembakkan banyak peluru dan bahan peledak. "Mereka juga membakar banyak rumah," kata Shettima.

Analis militer Nigeria mengatakan kalau persebaran Boko Haram kian meluas di seluruh Nigeria. Mereka kini menguasai kawasan pegunungan di Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com