Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat China Tembak "Beberapa Teroris" di Xinjiang

Kompas.com - 14/02/2014, 18:56 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Aparat keamanan China menembak mati "beberapa teroris" dalam sebuah serangan di Xinjiang, Jumat (14/2/2014), dalam insiden kekerasan terakhir di daerah bergolak di wilayah barat China yang didiami etnis minoritas Uighur.

"Beberapa teroris tewas ditembak polisi saat mereka melakukan serangan teror Jumat siang," demikian kabar dari kantor berita Xinhua.

Masih menurut Xinhua, para penyerang berencana melakukan serangan bunuh diri terhadap sekelompok polisi yang sedang bersiap untuk melakukan patroli di kawasan Wushi, prefektur Aksu.

"Para penyerang mengendarai sepeda motor dan mobil dan membawa tabung LNG," demikian Xinhua.

Aksu, yang berada di ujung barat Xinjiang tak jauh dari perbatasan dengan Kirgistan, merupakan lokasi tiga ledakan yang terjadi akhir Januari lalu yang menewaskan tiga orang.

Tak lama setelah insiden ledakan itu, polisi menembak mati enam orang yang diduga terkait dengan ledakan tersebut.

Wilayah yang luas itu selama beberapa tahun belakangan didera kekerasan yang dilakukan etnis Uighur yang diyakini akibat dari tekanan kultural, ketatnya pengamanan dan arus migrasi etnis Han.

Pemerintah China selalu menyebut "teroris" sebagai dalang berbagai aksi kekerasan dan mengklaim terjadi gerakan separatisme berlandaskan ekstremisme keagamaan yang terkait dengan kelompok teroris asing.

"Serangan teroris sepanjang 2012 terjadi 190 kali, meningkat tajam dibanding 2011," papar Xinhua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com