Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Fajar Tewaskan 15 Tentara Irak Penjaga Pipa Minyak

Kompas.com - 11/02/2014, 18:36 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Sebuah serangan fajar terhadap sebuah kamp militer yang menjaga sebuah jalur pipa di wilayah utara Irak menewaskan 15 tentara, Selasa (11/2/2014).

Kelompok orang bersenjara secara diam-diam memasuki kamp militer di Provinsi Niniveh dan berhasil membunuh seluruh 15 prajurit dan langsung kabur seusai melakukan misinya.

Kamp militer itu dibangun untuk menjaga jalur pipa minyak di dekat Hamam al Alil, sebuah kota yang seperti halnya kota-kota lain di Niniveh, juga kerap mengalami serangan dari kelompok-kelompok militan.

Gaya serangan fajar ini, yang mengincar sebuah kamp pasukan keamanan yang menjaga sebuah infrastruktur penting, sangat mirip dengan penembakan di kota Tuz Khurmatu, juga di wilayah utara Irak, Minggu (9/2/2014), yang menewaskan enam polisi.

Dalam serangan di Tuz Khurmatu itu, keenam polisi itu dipaksa melakukan shalat untuk mengidentifikasi apakah polisi itu pemeluk Syiah atau Sunni. Setelah itu, keenam polisi tersebut dieksekusi.

Sejauh ini tak ada satu kelompok pun yang mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan maut itu. Namun, aparat keamanan Irak menuding kelompok-kelompok militan Sunni termasuk Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) menjadi dalang berbagai serangan maut di Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com