Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musiknya Dipakai Siksa Tahanan Guantanamo, Band Kanada Tagih Pentagon 666.000 Dollar AS

Kompas.com - 08/02/2014, 08:00 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

MONTREAL, KOMPAS.com — Grup hardrock asal Kanada, Skinny Puppy, melayangkan tagihan senilai 666.000 dollar AS kepada Pentagon di Amerika Serikat. Tagihan itu dikenakan setelah penjaga penjara Guantanamo menggunakan musik mereka untuk mengiringi siksaan terhadap para tahanan.

Skinny Puppy menemukan musik mereka dipakai di penjara di kawasan selatan Kuba tersebut oleh mantan penjaga yang menggemari band ini. Informasi soal tagihan tersebut dikonfirmasi oleh pemain kibor band tersebut, Cevin Key, kepada CTV Kanada.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan bahwa petugas penjara telah memutar musik keras yang memekakkan telinga dengan lirik kekerasan selama menginterogasi para tersangka pelaku terorisme.

Beberapa band lain, termasuk REM, Rage Against the Machine, dan Metallica, telah mengecam penggunaan musik mereka di Guantanamo. "Kami mengirimi mereka faktur untuk layanan musik kami, mengingat mereka menggunakan musik kami tanpa sepengetahuan kami sebagai senjata untuk menyerang seseorang," kata Key kepada CTV.

Key mengatakan, mereka sengaja mengirimkan tagihan dengan nominal triple 6 itu. Kelompok Skinny Puppy kerap tampil dengan olesan darah palsu, adu parang, kulit binatang, dan bahkan memasukkan adegan eksekusi dalam penampilannya.

Key mengatakan, anggota band-nya tersinggung ketika tahu musik mereka diputar di Guantanamo untuk menyiksa para tahanan. "Saya juga tak mau jadi sasaran musik terlalu keras selama 6 sampai 12 jam pada satu waktu tanpa jeda," aku Key sembari mengakui bahwa musik mereka memang "mimpi buruk" bagi sebagian pendengar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com