Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Pakistan Pro-Taliban Afganistan Ditembak Mati

Kompas.com - 30/01/2014, 16:45 WIB
QUETTA, KOMPAS.com — Seorang ulama berpengaruh yang mendukung Taliban Afganistan ditembak mati di kota Quetta, Pakistan. Demikian keterangan kepolisian, Kamis (30/1/2014).

"Dua penembak tak dikenal yang mengendarai sepeda motor menembak mati Maulana Abdullah Zakiri, saat dia tengah menuju ke masjid Rabu malam," kata seorang perwira polisi Abdul Razzaq.

Razzaq menambahkan Zakiri sudah cukup lama tinggal di Quetta dan diyakini tidak mempunyai musuh atau perselisihan dengan seseorang. Keluarga Zakiri menuding intelijen Afganistan sebagai dalang pembunuhan sang ulama.

Menurut sumber dari Taliban Afganistan, Zakiri (80) adalah guru dan penasihat pemimpin spiritual Taliban, Mullah Omar. Seperti halnya keluarga Zakiri, Taliban juga menuding intelijen Afganistan sebagai pelaku pembunuhan.

Abdul Sattar Chishti, seorang pemimpin partai politik pro-Taliban Jamiat Ulema-e-Islam Nazariati, mengatakan, Zakiri adalah pendukung perlawanan terhadap pasukan asing di Afganistan.

"Kami yakin intelijen Afganistan ada di balik pembunuhan Maulana Zakiri karena di masa lalu intelijen juga membunuh para ulama," ujar Chishti.

Sementara itu, pakar Afganistan, Rahimullah Yusufzai, mengatakan, pembunuhan Zakiri menimbulkan kekhawatiran besar di antara Taliban Afganistan.

Yusufzai mengatakan, Maulana Zakiri lahir di Kandahar, tempat kelahiran Taliban, tetapi tidak bergabung dalam pemerintahan Taliban di Afganistan pada 1996-2001.

"Namun kemudian dia menjadi pendukung utama perang terhadap psukan NATO yang dipimpin AS setelah 2001. Dia bahkan menerbitkan fatwa soal melawan tentara asing," Yusufzai memaparkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com