Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sungai Catatumbo, 20.000 Kilat Terjadi Setiap Jam

Kompas.com - 29/01/2014, 20:25 WIB
CARACAS, KOMPAS.com — Sungai Catatumbo di wilayah barat Venezuela berhasil masuk ke dalam buku Rekor Dunia Guinness setelah diakui sebagai tempat dengan cahaya kilat terbanyak di dunia.

Di sungai yang menjadi perbatasan antara Venezuela dan Kolombia ini tercatat sebanyak 20.000 kilatan petir setiap jamnya.

Sertifikat rekor dunia itu diserahkan perwakilan buku Rekor Dunia Guinness, Johanna Hessling, pada Selasa (28/1/2014), kepada Wakil Presiden Venezuela Jorge Arezza.

Fenomena alam di negara bagian Zulia ini sudah sejak lama dikenal dan dinamai Petir Catatumbo. Kilatan petir ini biasa terjadi antara April hingga November di mulut sungai Catatumbo, di ujung selatan Danau Maracaibo.

Jumlah kilatan petir yang terjadi di sini memang sangat luar biasa, yaitu diperkirakan antara 18-60 kilat dalam semenit atau 20.000 kilat dalam satu jam dan 1,2 juta kilat setahun.

Tak hanya itu, setiap kilatan cahaya itu bisa menerangi langit setara dengan cahaya 100 juta buah lampu pijar.

Fenomena alam itu diusulkan sebagai rekor dunia oleh seorang ilmuwan Venezuela, Erick Quiroga, yang sudah meneliti kilat dan petir selama 17 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com