Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Wisata Tenggelam di Kepulauan Andaman, 21 Tewas

Kompas.com - 26/01/2014, 23:16 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah perahu wisata terbalik di lepas pantai terpencil Kepulauan Andaman dan Nicobar, India, Minggu (26/1/2014) malam. Sebanyak 21 orang tewas.

Kapal tersebut mengangkut 43 turis, diyakini semuanya turis domestik, ketika tenggelam di perairan di antara kawasan populer Ross Island dan North Bay di dekat Port Blair.

Dari para penumpang, 13 di antaranya dapat diangkat dari air dan dibawa ke sebuah rumah sakit di Port Blair. Di antara korban yang bisa diselamatkan ini pun, menurut pejabat setempat, mengalami luka parah.

Korban tewas dibawa ke rumah sakit yang sama. Operasi penyelamatan masih terus dilakukan, setidaknya untuk mencari 9 penumpang lain yang masih dinyatakan hilang, sebagaimana dikutip dari Press Trust of India.

Kapal The Aqua Marine membawa sekelompok besar wisatawan dari Kanchipuram di negara bagian selatan India Tamil Nadu, mengutip pernyataan dari pejabat di Port Blair. 

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyatakan shock atas tragedi itu dan sangat berduka atas jatuhnya korban jiwa. Dia menyatakan telah meminta badan-badan nasional untuk membantu operasi penyelamatan dan bantuan.

Kecelakaan terjadi sekitar 25 kilometer lepas pantai Port Blair, berdasarkan pemberitaan surat kabar Hindustan Times. Penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan sudah dimulai.

Kepulauan Andaman dan Nicobar yang memiliki 572 pulau terletak di antara Laut Andaman dan Teluk Benggala. Meskipun masih masuk wilayah India, letak kepulauan ini 600 kilometer dari daratan India dan lebih dekat ke pantai Myanmar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com