Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran Keamanan Meningkat Menjelang Peringatan 3 Tahun Penggulingan Mubarak

Kompas.com - 24/01/2014, 23:40 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
KAIRO, KOMPAS.com — Gelombang serangan bom melanda Kairo, Mesir, Jumat (24/1/2014). Ledakan di dekat kantor polisi Mesir mengakibatkan enam orang tewas. Kekhawatiran soal keamanan menjelang malam peringatan tiga tahun kejatuhan penguasa otoriter Hosni Mubarak.

Situasi keamanan di Mesir tak kunjung pulih setelah militer menggulingkan Presiden Mesir Muhammad Mursi pada 3 Juli 2013. Pemerintah sementara Mesir belakangan menyatakan Ikhwanul Muslimin, gerakan Islam yang adalah basis massa pendukung Mursi, sebagai organisasi teroris.

Penetapan status bagi organisasi itu menggunakan sebuah serangan mematikan di wilayah tersebut sebagai dasarnya. Meskipun kelompok militan yang berbasis di Sinai mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, pemerintah sementara bersikukuh dengan penetapan Ikhwanul Muslimin sebagai teroris.

Dalam sebuah pernyataan, Perdana Meteri sementara Mesir Hazem el-Beblawi mengutuk pertumpahan darah yang terjadi di seantero Mesir. Dia pun menuduh rangkaian kekerasan tersebut sebagai upaya pasukan teroris untuk menggagalkan road map politik yang dirancang pemerintah sementara Mesir bersama militer.

Sepanjang Jumat, helikopter militer terlihat hilir mudik di langit Kairo. Kehadiran helikopter tersebut menguatkan adanya kekhawatiran bakal ada serangan tak terduga kapan saja di wilayah itu. Mubarak terguling dari kekuasaan panjangnya di Mesir pada 25 Januari 2011, membuka jalan bagi pemilu demokratis pertama di Mesir pada 2012 yang mengantarkan Mursi ke kursi kepresidenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com