Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis Minta Vatikan Terima Oposisi Suriah

Kompas.com - 24/01/2014, 19:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan kalau dirinya sudah meminta Paus Fransiskus agar Vatikan menerima delegasi kelompok oposisi utama Suriah. Menurut warta AP pada Jumat (24/1/2014), Hollande mengatakan hal itu lantaran pembicaraan Geneva 2 yang tengah berlangsung berangkat dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

"Saya menyampaikan kehendak saya kalau VAtika bisa menerima Koalisi Nasional Suriah,"kata Hollande usai pertemuan dengan Paus Fransiskus.

Hollande berpendapat kalau Geneva 2 adalah wahana transisi pemerintahan di Suriah. "Kami ingin melakukan sesuatu demi menghentikan perang sekaligus memperluaskan distribusi bantuan kemanusiaan,"kata Hollande menegaskan.

Sejumlah isu akan menjadi agenda pembicaraan, antara lain soal aborsi dan eutanasia. Sejumlah pengamat menduga Vatikan akan menekan Hollande soal isu ini secara pribadi.

Popularitas Hollande kini tengah menurun menyusul skandal perselingkuhannya, berharap bisa memperbaiki hubungannya dengan para konstituen beragama Katolik yang merasa kecewa dengan kebijakan Hollande.

Salah satu kebijakan yang ditentang umat Katolik Perancis adalah rencana perubahan undang-undang aborsi. Dalam undang-undang baru itu, seorang perempuan bisa jauh lebih mudah untuk menggugurkan janin yang tak diinginkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com