Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Meski Tak Berbahaya, Isap Ganja Tetap Ide Buruk

Kompas.com - 20/01/2014, 14:35 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Minggu (19/1/2014), mengatakan bahwa mengisap mariyuana tak lagi berbahaya jika dibandingkan alkohol, tetapi tetap merupakan "ide yang buruk".

Melalui majalah New Yorker, dia mengatakan salah jika berpikir bahwa legalisasi narkoba dapat menjadi "sebuah obat mujarab" yang bisa menyelesaikan banyak masalah sosial.

Obama merujuk pada legalisasi mariyuana di negara bagian Colorado dan Washington. Sebelumnya, dia mengaku menggunakan narkoba ketika masih muda.

"Telah terdokumentasi dengan baik, ketika anak-anak saya mengisap ganja, dan saya memandangnya sebagai sebuah kebiasaan yang jelek dan sebuah kejahatan, tidak jauh berbeda dari rokok yang saya isap di sebagian besar masa dewasa saya," kata Obama.

Legalisasi mariyuana

Namun dia menambahkan, jika dilihat dari dampak terhadap konsumen individual, mariyuana tidak lebih berbahaya dibandingkan alkohol.

Obama menambahkan bahwa orang miskin—sebagian besar adalah orang Amerika keturunan Afrika dan Latin—mendapatkan hukuman yang tidak proporsional karena memakai mariyuana, sementara pengguna kelas menengah sebagian besar lolos dari hukuman yang berat.

"Sangat penting bagi masyarakat untuk tidak berada dalam situasi ketika banyak orang melanggar, tetapi hanya segelintir yang mendapatkan hukuman," kata dia.

Obama menggambarkan legalisasi mariyuana di Colorado dan Washington sebagai "percobaan" yang menantang. Aturan hukum yang melegalisasi mariyuana di Colorado efektif berlaku pada 1 Januari, sementara Washington mengizinkan penjualan ganja pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com