Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa di Kiev Berakhir Jadi Bentrokan

Kompas.com - 20/01/2014, 06:50 WIB


Para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di pusat Ibu Kota Ukraina, Kiev, saat menggelar protes menentang undang-undang yang membatasi unjuk rasa jalanan, Minggu (19/1/2014).

Saat itu, belasan ribu pengunjuk rasa bergerak dari Alun-alun Kemerdekaan menuju gedung parlemen dan berupaya mendudukinya.

Pemimpin politisi yang juga mantan juara kelas berat tinju dunia, Vitali Klitschko, meminta agar pengunjuk rasa tetap tenang dalam perjalanan menuju gedung parlemen.

Namun, ketegangan meningkat setelah polisi antihuru-hara menutup jalanan yang akan dilalui oleh pengunjuk rasa yang berupaya menerobos dengan bersenjatakan tongkat.

Menjelang malam, para pengunjuk rasa antara lain membakar sebuah mobil polisi. Wartawan BBC di Kiev, David Stern, melaporkan, polisi melempar granat kejut untuk membubarkan para pengunjuk rasa. Para pengunjuk rasa di Kiev dilaporkan membakar sebuah mobil polisi. 

Presiden Ukraina Viktor Yanukovich memberlakukan undang-undang yang membatasi unjuk rasa setelah para penentangnya menggelar rangkaian protes terkait penolakan Yanukovich atas kesepakatan perdagangan dan ekonomi dengan Uni Eropa.

Amerika Serikat dan Uni Eropa sudah menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas pemberlakuan undang-undang tersebut.

Sebagian pengunjuk bertahan di perkemahan di alun-alun sejak dua bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com