Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam di Ambon, Seluruh Penumpang Selamat

Kompas.com - 14/01/2014, 15:58 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON,KOMPAS.com - Seluruh penumpang kapal kapal motor (KM) Arfa yang dilaporkan tenggalam di perairan desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Senin (13/1/2014) dinyatakan selamat.

Kapal berpenumpang 13 orang yang mengangkut hasil pertanian ini sebelumnya berlayar dari Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku, menuju Ambon pada Senin pagi (13/1/2014) kemarin.

Namun saat memasuki perairan Desa Wakasihu, kapal tersebut tenggelam setelah diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi.

“Iya saya dengar ada kapal yang tenggelam di perairan desa Wakasihu kemarin.kapal itu mengangkut hasil pertanian seperti cengkih, kopra, kayu dan lain-lain,”ungkap Kepala Administrator Pelabuhan Ambon, Ali Ibrahim kepada Kompas.com Selasa (14/1/2014).

Ali mengungkapkan, diduga kapal tersebut tenggelam karena cuaca yang sangat buruk dan tinggi gelombang yang menerjang periaran desa wakasihu saat kapal itu melintas. ”Kemungkinan kapal itu tenggalam karena cuaca yang sangat buruk dan gelombang yang tinggi di perairan desa itu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Ambon, Suhri Sinaga kepada Kompas.com juga membenarkan adanya insiden kecelakaan kapal tersebut, menurutnya, kapal naas itu mengalami kecelakaan tak jauh dari perairan desa Wakasihu.

“Jumlah ABK kapal semuanya lima orang, ditambah penumpang semuanya 15 orang. Mereka semua selamat dalam peristiwa itu. Kami sudah antar mereka ke rumahnya masing-masing,”kata Suhri.

Kapal Arfa yang sedianya membawa hasil hutan menuju Ambon itu mengangkut 15 orang penumpang. Namun saat memasuki perairan desa Wakasihu, kapal tersebut langsung diterjang gelombang tinggi dan akhirnya tenggelam. Saat kapal tenggelam itulah, para penumpang dan ABK kapal langsung menyelamatkan diri dengan cara berenang.

Warga setempat juga ikut membantu menyelamatkan para penumpang dan ABK kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com