Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Eropa Akan Undang Snowden

Kompas.com - 10/01/2014, 07:32 WIB
Para anggota Parlemen Eropa setuju untuk mengundang Edward Snowden, karyawan kontrak intelijen Amerika yang kini menjadi buronan, untuk memberikan kesaksian tentang program pengawasan Washington. Menurut rencana Snowden akan memberikan kesaksian melalui konferensi video.

Snowden, yang mendapatkan suaka di Rusia sejak Agustus lalu, diburu aparat penegak hukum Amerika setelah membongkar kegiatan pengumpulan data intelijen oleh Badan Keamanan Nasional, NSA.

Parlemen Eropa belum memutuskan jadwal rapat jarak jauh dengan Snowden ini tetapi para anggota parlemen sudah berkoordinasi dengan Snowden.

Berdasarkan data-data yang dibocorkan Snowden ke media, pemerintah Amerika dengan bantuan badan-badan intelijen Inggris dan beberapa negara lain, melakukan pengawasan lalu lintas telepon dan internet dalam skala global.

Badan-badan intelijen tersebut juga dituduh menyadap telepon beberapa pemimpin dunia, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel.

Menanggapi tuduhan ini Washington mengatakan tidak sedang memantau telepon Merkel dan tidak akan melakukannya di masa mendatang.

Tetapi para pejabat Amerika tidak bersedia mengklarifikasi apakah penyadapan terhadap Merkel pernah dilakukan di masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com