Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Nobel Ekonomi Dale Mortensen Meninggal

Kompas.com - 10/01/2014, 03:23 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

ILLINOIS, KOMPAS.com - Peraih Nobel Ekonomi dari Northwestern University, Dale Mortensen, meninggal, Kamis (9/1/2014). Dia meninggal dalam usia 74 tahun.

Mortensen berbagi Nobel dengan dua ekonom lain Amerika pada 2010, untuk penjelasan mereka tentang tetap tingginya angka pengangguran meski banyak lowongan kerja tersedia.

"Mortensen meninggal pada Kamis, di rumahnya di Wilmette, Illionois," kata asisten pribadi dan teman keluarga Mortensen, Sue Triforo, Kamis.

Presiden Northwestern, Morton Schapiro, dalam ungkapan duka citanya mengatakan terobosan karya Mortensen sangat relevan bagi para pembuat kebijakan untuk menangani masalah pengangguran pada hari ini.

Selain merintis pendekatan tentang pasar tenaga kerja, Mortensen punya kemampuan menyesuaikan cara membahas persoalan ekonomi sekompleks apapun, dengan orang-orang yang relevan.

Saat menerima penghargaan Nobel, Mortensen bahkan mengutip penulis Chicago dan penerima hadiah Pulitzer, Studs Terkel, untuk ucapan terima kasihnya kepada Royal Swedish Academy of Sciences dan Yayasan Nobel .

"Kerja adalah pencarian, kadang-kadang berhasil, kadang tidak. (Kerja adalah) makna sehari-hari serta makanan sehari-hari," kata Mortensen, mengutip Terkel yang dikenal dengan cerita-cerita tentang orang-orang biasa di Amerika.

Mortensen sedang mengajar di Aarhus, Denmark, ketika tahu dia memenangkan penghargaan Nobel. Kabar itu dia sampaikan kepada istrinya melalui telepon dengan hanya berkata, "Aku menang."

"Pernyataan semacam itu dan kerendahan hati adalah karakter (Mortensen) yang menonjol," ujar Triforo. "Saya tak bisa banyak berkata-kata karena duka ini sangat besar. Dia adalah orang yang luar biasa, rendah hati, berpikiran brilian, dan manusiawi. Itu yang bisa saya katakan."

Lahir di Enterprise, Oregon, Mortensen tinggal di pinggiran Northwestern, Chicago, sejak 1965. Mortensen juga seorang musisi. Dia meninggalkan seorang istri, Beverly, seorang anak lelaki dan dua anak perempuan, serta delapan cucu. Penghormatan publik sedang disiapkan untuknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com