Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dobrak Protokol, Paus Ajak Teman Lama Naik Mobil Kepausan

Kompas.com - 09/01/2014, 09:40 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.COM — Paus Fransiskus, Rabu (8/1/2014), sekali lagi mendobrak protokol kepausan, dengan mengundang seorang teman lama naik ke mobil putihnya yang panoramik saat audiensi umum mingguan di Lapangan Santo Petrus.

Pater Fabian Baez, seorang pastor paroki di Buenos Aires, kota asal Fransiskus di Argentina, tidak punya tiket VIP yang memungkinkannya duduk dekat altar atau tempat di mana Paus akan berbicara dengan umatnya. Namun begitu, Fransiskus melihat Pater Baez di tengah kerumunan ribuan orang itu. Paus memberi isyarat kepada para petugas keamanan Vatikan untuk membantu Baez melewati barikade.

Fransiskus kemudian mengajak Pater Baez melompat ke dalam mobilnya, dan pastor paroki itu menemani Fransiskus melintasi alun-alun, sementara Paus melambaikan tangan kepada umat yang hadir dan mencium sejumlah bayi.

Pater Baez mengatakan, dia terkejut oleh ajakan Fransiskus. Kepada wartawan setelah kejadian itu Baez mengatakan, "Saya bilang kepada diri sendiri, apa yang sedang saya lakukan di sini. Mamma mia!"

"Paus tertawa dan berkata 'Ayo, duduk, duduk!' Dan ia terus menyapa orang-orang dan mencium sejumlah bayi. Saya sangat tersentuh."

Pater Baez mengatakan, mereka berdua sudah saling kenal sejak tahun 1990-an. Fransiskus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio adalah Uskup Agung di ibu kota Argentina itu sebelum dipilih jadi paus pada Maret lalu.

Dalam audiensi pada Rabu itu, Fransiskus dihibur oleh rombongan sirkus dan disambut tim sepak bola Sampdoria, Italia. Fransiskus telah menambahkan sisi spontanitas pada cara-cara kerja Vatikan. Dia tinggal di wisma Vatikan, bukan di Istana Apostolik, di mana para paus terdahulu biasanya tinggal. Dia tidak menggunakan mobil lapis baja kepausan dalam kunjungannya di Brasil. Sebaliknya, dia memilih mobil Fiat sederhana. Dan ketika meninggalkan Vatikan, dia hanya membutuhkan pengamanan minimal dan tidak ada iring-iringan mobil mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com