Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100.000 Ekor Kelelawar Australia Jatuh dari Angkasa dan Mati

Kompas.com - 08/01/2014, 20:49 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Sekitar 100.000 ekor kelelawar jatuh dari angkasa dan mati akibat gelombang udara panas yang melanda Australia beberapa hari belakangan ini.

"Sangat mengerikan, cara yang mengerikan untuk mati," kata seorang pekerja konservasi, Lousie Saunders, seperti dikutip harian The Courier Mail.

"Suhu udara di atas 43 derajat celsius, dan mereka jatuh begitu saja. Kami kini memunguti bangkai kelelawar ini dan yang belum mati kami lakukan eutanasia," tambah Louise.

Para pakar kesehatan telah memperingatkan warga agar tidak memegang kelelawar yang jatuh itu karena khawatir akan penularan virus atau terkena gigitan jika hewan itu masih hidup.

Setidaknya 16 orang menerima terapi antivirus setelah mereka melakukan kontak langsung dengan hewan-hewan itu.

"Jika Anda melihat seekor kelelawar yang tergeletak di tanah, jangan menyentuhnya agar tidak terkena risiko infeksi virus kelelawar Australia," kata pejabat kesehatan negara bagian Queensland, Dr Jeanette Young.

"Beberapa kelelawar memang terlihat sudah mati, padahal mereka masih hidup. Ketika seseorang berusaha memindahkan mereka, maka hewan itu akan menggigit atau mencakar. Kelelawar juga memiliki cakar di sayap mereka yang juga bisa menyebabkan luka," tambah Dr Jeanette.

Bau dari bangkai kelelawar yang bertebaran itu sudah mulai mengganggu warga di Brisbane dan beberapa kota lainnya. Pemerintah sudah mengerahkan petugas kebersihan untuk memungut ribuan bangkai kelelawar dari kawasan permukiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com