Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Hawa Dingin Bergerak ke Wilayah Timur AS

Kompas.com - 07/01/2014, 22:51 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Gelombang suhu paling dingin yang pernah terjadi di Amerika Serikat selama dua dekade terakhir sekarang bergerak ke arah selatan dan timur negara itu.

New York dan Washington merupakan sebagian kota yang kini beku akibat hembusan suhu super dingin dari Arktik.

Para ahli cuaca mengatakan suhu di New York dan Washington DC kemungkinan besar akan turun tajam.

Gubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan bahwa sebagian jalan-jalan raya utama akan ditutup sebagai persiapan menghadapi cuaca ekstrem. Di kota tersebut, suhu diperkirakan akan mencapai  minus 26 derajat Celcius.

Mulai dari negara bagian Montana hingga Maryland, sekitar setengah penduduk Amerika Serikat berada di kawasan yang mendapat peringatan terkait bahaya cuaca beku.

Penduduk di kawasan barat laut diperingatkan untuk bersiap-siap menghadapi suhu beku mulai Selasai yang berhembus dari kawasan Midwest.

Ribuan penerbangan sejauh ini telah dibatalkan, dan warga diperingatkan bahwa kulit mereka bisa beku bila mereka berada di luar rumah. Cuaca buruk telah merenggut sedikitnya 16 jiwa selama beberapa hari terakhir.

Suhu beku juga mengancam tanaman pertanian dan peternakan di kawasan pertanian Amerika Serikat, bahkan di bagian selatan sekalipun yang beriklim sedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com