Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan Al Qaeda Irak Tewas dalam Bentrok di Ramadi

Kompas.com - 03/01/2014, 22:09 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang pemimpin Al Qaeda Irak, Abu Abdelrahman al-Bagdadi, dikabarkan tewas di kota Ramadi dalam baku tembak antara pasukan pemerintah yang dibantu milisi suku-suku dengan kelompok militan di Provinsi Anbar, Jumat (3/1/2013).

Anggota suku-suku Muslim Sunni didukung militer Irak terlibat baku tembak dengan kelompok militan yang terkait Al Qaeda yang menguasai provinsi Anbar yang terletak di wilayah barat Irak.

Sebagian wilayah Ramadi dan Fallujah, di sebelah barat Baghdad, dikuasai kelompok militan selama beberapa hari terakhir. Kondisi ini mengingatkan situasi beberapa tahun lalu tak lama setelah invasi AS pada 2003, ketika provinsi Anbar menjadi kubu terkuat pemberontak.

Kelompok Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) dalam beberapa bulan terakhi memperkuat cengkeraman mereka di provinsi Anbar yang berbatasan dengan Suriah. Kelompok ini bercita-cita mendirikan sebuah negara Islam yang meliputi wilayah Irak dan Suriah.

"Para pejuang ISIL berusaha untuk tetap menguasai wilayah yang mereka duduki selama beberapa bulan terakhir ini. Kami tak akan membiarkan Al Qaeda menguasai Anbar," kata seorang kepala suku yang tak ingin disebutkan namanya.

"Pertempuran berjalan sengit dan sulit karena mereka bersembunyi di kawasan permukiman," tambah kepala suku itu.

Pengerahan milisi bersenjata dari berbagai suku untuk melawan Al Qaeda bisa terwujud berkat kesepakatan antara pada kepala suku dengan pemerintah Baghdad pada Kamis (2/1/2014).

Mereka kini membantu pasukan Irak melawan ISIL yang menguasai bangunan-bangunan pemerintah dan sejumlah pos polisi di kota Ramadi dan kota utama provinsi Anbar, Falluja.

Pada Kamis, salah seorang tokoh ISIL Shakir Wahib tewas ditembak sniper pasukan anti-teroris Irak. Pasukan Irak juga menewaskan Abu Hassan al-Dighirdash, salah seorang ulam ISIL di kota Mosul.

Sepanjang Jumat, pasukan gabungan Irak dan milisi suku-suku berhasil menewaskan sedikitnya 62 orang anggota ISIL. Demikian seorang pemimpin senior milisi Sahwa, Sheikh Ahmed Abu Risha.

"16 anggota ISIL tewas di Khaldiyah, sebelah timur Ramadi sedangkan 46 orang lainnya tewas di dalam kota Ramadi," ujar Sheikh Ahmed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya,
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com