Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merajut demi Atasi Kencanduan Internet

Kompas.com - 27/12/2013, 09:16 WIB
SHIJIAZHUANG, KOMPAS.COM - Anak Anda atau malah Anda sendiri sudah kecanduan internet dan ingin lepas dari ketergantungan berselancar di dunia maya? Para mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Hebei di ibu kota Provinsi Hebei, China utara, Shijiazhuang, ini mungkin punya jawabannya. Beberapa mahasiswa di universitas itu memutuskan untuk menekuni hobi merajut guna lepas dari kecanduan internet.

Menurut surat kabar setempat, Yanzhao Evening News, seperti dikutip portal Global Times, Rabu (25/12), makin banyak mahasiswa yang belajar dan menekuni hobi yang biasanya identik dengan kaum perempuan itu. ”Saya mulai merajut syal ini untuk menghentikan kecanduan internet,” tutur Tian Xuepeng (22), mahasiswa jurusan manajemen kendaraan, yang sedang sibuk membuat syal buat pacarnya.

Awalnya, Tian berusaha mengalihkan perhatian dari dunia maya dengan belajar main harmonika dan musik hip hop. Namun, semua itu gagal. Sampai suatu hari pacar Tian, Zhang Bo, mengusulkan ide baru. ”Bagaimana kalau kamu merajut syal buatku?” tutur Zhang, yang meminta Tian tak peduli jika ada orang yang menertawakannya.

Kini, setelah mulai mahir merajut, waktu Tian menekuni internet mulai berkurang. Menurut pemilik toko wol di dekat universitas itu, beberapa mahasiswa lain pun mulai datang untuk belajar dan berbelanja bahan-bahan merajut. Ada yang mau mencoba? (DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com