Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas Ketinggalan di Taksi, Dikira Isi Coklat Ternyata Duit Rp 3,6 M

Kompas.com - 26/12/2013, 10:51 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Gerardo Gamboa, sopir taksi di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin (23/12/2013), berpikir seseorang meninggalkan kantong berisi coklat di bangku penumpang taksinya. Tak dinyana, isi kantong itu uang berjumlah 300.000 dollar AS atau setara lebih dari Rp 3,6 miliar.

Gamboa mendapatkan penghargaan atas kejujurannya mengembalikan tas itu yang ternyata milik pemain poker tak dikenal. Perusahaan taksi Yellow Checker Star Transportation menjadikan Gamboa sebagai "Pengemudi Tahun Ini".

Hadian 1.000 dollar AS dan paket makan malam di restoran mewah untuk dua orang, menjadi penghargaan tambahan. Namun upaya AP menghubungi Gamboa dengan meninggalkan pesan di perusahaan taksinya, Rabu (25/12/2013), tak kunjung mendapat jawaban.

Kepada surat kabar Las Vegas Review-Journal, Gambo mengatakan mulai menebak-nebak coklat apa yang ada di dalam kantong cokelat yang ditinggalkan di kursi penumpang, ketika sedang mengangkut penumpang lain. Saat lampu lalu lintas menyala merah, Gamboa meminta penumpangnya itu menjadi saksi ketika ia membuka kantong tersebut.

Begitu tahu kantong itu berisi uang dalam jumlah banyak, Gamboa yang sudah menjadi sopir taksi selama 13 tahun tersebut langsung menelepon operator kantornya. Enam bundel uang dalam pecahan 100 dollar AS di kantong tersebut Gamboa serahkan ke kantor pusat taksinya, yang kemudian polisi dan pejabat kasino dapat menghubungi pemain poker pemilik uang.

Menurut Gamboa si pemilik poker memberinya tips 5 dollar AS untuk perjalanan dari resor Cosmopolitan ke menara Palms Place. Gamboa kemudian bergeser ke resor Bellagio ketika petugas pintu yang membantu penumpang berikutnya naik ke taksinya dan melihat kantong tersebut.

Butuh waktu beberapa jam untuk melakukan verifikasi kepemilikan uang dan mengembalikannya. Pemilik uang meminta informasi dari Gamboa tapi tak menyinggung soal hadiah.

"Jika dia tak memberi saya apa-apa, saya tak masalah," ujar Gamboa. "Saya tak menunggu balasan dari setiap hal. Saya hanya melakukan hal yang benar dan saya menghargai tindakan perusahaan untuk saya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com