Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Tewaskan 34 Orang saat Natal di Irak

Kompas.com - 26/12/2013, 04:00 WIB


Tak kurang dari 34 orang tewas dalam dua serangan bom terpisah dengan sasaran pemeluk Kristen di Ibu Kota Irak, Baghdad, Rabu (25/12/2013) atau tepat di Hari Natal.

Dalam serangan pertama, bom mobil meledak ketika para jemaat meninggalkan gereja di Distrik Doura, Baghdad bagian selatan, setelah mengikuti ibadah. Ledakan bom itu menewaskan 24 orang.

Bom lainnya meledak di tengah pasar terbuka di kawasan yang banyak didiami warga Kristen sehingga menewaskan sepuluh orang. Menurut petugas medis, angka korban diperkirakan akan bertambah.

Selain itu, Juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan korban luka mencapai lebih 50 orang.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Di masa lalu, kelompok minoritas Kristen sering menjadi sasaran serangan Al Qaida dan kelompok militan Islam. Serangan terhadap gereja pernah terjadi pada tahun 2010 yang menewaskan puluhan orang.

Kekerasan meningkat di Irak dan mencapai tingkat terburuk dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya, serangkaian serangan bom, penembakan, dan bom bunuh diri menewaskan puluhan warga Syiah menjelang hari suci Arbain, yang jatuh sehari menjelang Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com