Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan "Dokter Terbang" di Australia Bersiap Jelang Natal

Kompas.com - 23/12/2013, 09:54 WIB
Pada saat kebanyakan warga Australia mulai bersantai dan menikmati musim liburan hingga jelang tahun baru, Royal Flying Doctor Service atau dokter terbang justru harus bersiap siaga. Bahkan, dua hari jelang Natal hingga Tahun Baru nanti menjadi salah satu waktu yang sibuk sepanjang tahun.

Dokter terbang dari Royal Flying Doctor Service (RFDS) adalah pelayanan kesehatan di Australia yang menggunakan pesawat kecil, terutama di kawasan pedalaman. Biasanya dalam satu tim terdapat dua orang pilot, dua dokter, dan dua suster.

"Mungkin saja saat kita sedang menikmati makan malam bersama pada saat Natal, tiba-tiba ada sesuatu dan kita dipanggil," ujar Magnus Badger, pilot untuk RFDS.

Magnus sudah bergabung dengan layanan dokter terbang selama lebih dari 20 tahun, dan ia mengaku selalu ada saja yang terjadi pada hari Natal. "Saya ingat pernah dipanggil unit gawat darurat karena ada seseorang yang tersangkut tulang kalkun di lehernya, jadi kita ke sana dan dokter menyelamatkannya," ujarnya.

"Ada pula yang pernah jatuh dari atap, setelah memperbaiki AC karena saat itu memang sedang panas."

Tetapi, ada sesuatu yang istimewa dengan pelayanan ini pada hari Natal. Mereka menggunakan hiasan Natal untuk ikut menyemarakkan suasana. "Biasanya kita menghias pesawat dengan hiasan pohon Natal dan para suster menggunakan topi Sinterklas. Tetapi, itu tergantung situasi, kalau misalnya kita sedang menolong anak-anak atau keadaan tidak terlalu darurat."

"Pernah ada anak yang jatuh dari motor. Saat melihat kami datang menggunakan topi Sinterklas, anak itu kemudian tersenyum, meski sedang kesakitan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com