Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fidel Castro Puji Momen Jabat Tangan Obama dan Raul

Kompas.com - 19/12/2013, 21:48 WIB
HAVANA, KOMPAS.com — Pemimpin Kuba Fidel Castro, Kamis (19/12/2013), memuji saudaranya, Raul Castro, yang berjabat tangan dengan Presiden AS Barack Obama di Afrika Selatan.

"Saya mengucapkan selamat kepada kamerad Raul atas pekerjaannya yang brilian, khususnya saat menampilkan bahasa tubuh yang bersahabat tetapi tegas ketika berjabat tangan dengan Presiden AS dan mengatakan kepadanya dalam bahasa Inggris, 'Bapak Presiden, saya Castro'," kata Fidel Castro yang dikutip harian Pemerintah Kuba, Granma.

Presiden Obama berhenti dan menjabat tangan Raul Castro ketika menuju podium untuk berpidato dalam upacara mengenang Nelson Mandela di Soweto, Afrika Selatan, pada 10 Desember lalu.

Baik Obama maupun Raul Castro tak banyak berbicara saat itu. Namun, pernyataan Fidel itu menunjukkan bahwa dia menyetujui keputusan saudaranya itu dalam menangani momen bersejarah tersebut.

Jabat tangan di Afrika Selatan itu adalah yang pertama di antara pemimpin kedua negara sejak 2000. Saat itu, Presiden AS Bill Clinton menjabat tangan Fidel Castro di Sidang Umum PBB di New York. Sejak revolusi Kuba 1959, tercatat baru dua kali pemimpin AS dan Kuba berjabat tangan.

Sejak 2006, Raul menggantikan posisi Fidel yang sakit-sakitan sebagai presiden Kuba. Namun, Fidel Castro yang adalah Bapak Revolusi Kuba tetap sangat berpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com