Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Operasi Anti-Suap, Kepala Kepolisian Istanbul Dipecat

Kompas.com - 19/12/2013, 20:15 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com - Kepala kepolisian Turki, Huseyin Capkin, Kamis (19/12/2013), dipecat dari jabatannya, tak lama setelah jajarannya menggelar operasi anti-korupsi beberapa hari lalu.

"Saya seorang pejabat publik. Saya mengabdi di sini selama empat setengah tahun dengan penuh dedikasi," kata Capkin

"Namun kini saya diminta kembali ke markas besar. Mari berharap yang terbaik," tambah Capkin.

Dalam operasi yang digelar di Istanbul dan Ankara itu polisi menahan puluhan orang termasuk putra tiga menteri kabinet, sejumlah pejabat pemerintah, dan pebisnis ternama.

Huseyin Capkin, sudah menduduki jabatannya ini sejak 2009. Dia adalah perwira polisi terakhir dari sekitar 30-an perwira polisi di Istanbul dan Ankara yang dipecat karena dianggap "menyalahgunakan wewenang".

Lima kepala polisi termasuk dalam daftar mereka yang dipecat pasca-penggerebekan yang berhasil menahan 51 orang dan menyita uang tunai sebesar 4,5 juta dolar AS itu.

PM Erdogan bahkan menilai operasi penggerebekan itu merupakan sebuah plot politik yang digunakan untuk melawan pemerintahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com