Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Tewaskan 10 Peziarah Syiah Irak

Kompas.com - 19/12/2013, 18:18 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan ikat pinggang berisi bahan peledak di tengah peziarah Syiah di Dura, sebelah selatan Baghdad, Kamis (19/12/2013) menewaskan 10 orang peziarah dan melukai 21 orang lainnya.

Aksi bom bunuh diri itu terjadi di sebuah tenda yang menyediakan makanan dan minuman bagi para peziarah yang tengah dalam perjalanan menuju kota suci Karbala.

Ribuan umat Syiah, sebagian besar berjalan kaki, menuju kota Karbala untuk merayakan hari raya Arbain yang jatuh pada 23 Desember mendatang.

Hari raya Arbain, diperingati 40 hari setelah Ashura yaitu peringatan hari kematian Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, yang menjadi junjungan umat Syiah.

Setiap tahun, prosesi ziarah ini menjadi sasaran empuk bagi para militan Sunni yang menganggap Syiah adalah aliran sesat.

Di hari yang sama, sekelompok anggota militan yang mengenakan seragam angkatan darat Irak menyerang kediaman seorang anggota milisi anti-Al Qaeda di kawasan Abu Ghraib, Baghdad. Serangan itu menewaskan si anggota milisi, istrinya dan ketiga anak mereka.

Milisi Sahwa terdiri atas para anggota suku Arab Sunni yang bergabung dengan pasukan AS pada akhir 2006. Bergabungnya milisi-milisi itu berpengaruh besar untuk mengakhiri kekerasan sektarian di negeri itu.

Anggota milisi ini kerap menjadi sasaran kelompok militan karena mereka dianggap sebagai pengkhianat negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com