Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter China, Pasang Tangan yang Putus di Kaki Korban

Kompas.com - 18/12/2013, 19:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Para dokter China menyelamatkan tangan seorang pria yang terputus dengan disambungkan ke pergelangan kaki.

Xiao Wei, nama pria itu, kehilangan tangan kanannya dalam kecelakaan di tempat kerja. Sayangnya, para dokter tidak bisa dengan segera menyambung tangan yang putus ke lengan pria itu.

Kemudian diputuskan, tangan Xiao Wei diselamatkan dengan cara ditempelkan ke pergelangan kaki kiri dengan "meminjam" pembuluh darah di kaki.

Dalam waktu satu bulan, para dokter bedah dapat memindahkan lagi tangan itu dan mencangkokkan lagi ke lengannya, menurut Rex Features.

Menurut laporan itu, para dokter di kawasan Changsha mengatakan Xiao Wei perlu menjalani beberapa operasi lagi namun mereka perkirakan tangannya akan bisa berfungsi normal.

"Lukanya parah. Selain putus, lengannya juga luka," kata dokter seperti dikutip laporan itu.

"Kami harus merawat lukanya sebelum melakukan penyambungan kembali tangannya," tambah para dokter.

Cairian Healy dari persatuan dokter bedah Inggris mengatakan prosedur seperti itu jarang dilakukan namun para dokter China sangat berpengalaman dalam pembedahan mikro.

Healy mengatakan yang paling penting adalah 'menyelamatkan'  tangan yang akan dicangkokkan. Namun, Healy memperingatkan tidak semua pencangkokan bisa berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com