Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angela Merkel Resmi Jabat Kanselir untuk Masa Ketiga

Kompas.com - 17/12/2013, 17:38 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Parlemen Jerman, Selasa (17/12/2013), akhirnya memilih Angela Merkel menjadi kanselir untuk masa jabatan ketiga.

Terpilihnya Merkel ini sekaligus menyudahi ketidakpastian setelah pemilu yang memaksa Merkel untuk membentuk koalisi besar dengan rivalnya.

Merkel (59), yang saat ini memimpin perekonomian terkuat Eropa selama empat tahun lagi, dipilih oleh 462 anggota majelis rendah Bundestag, sementara 150 orang menolak dan 9 suara abstain.

"Saya menerima hasil pemilihan ini dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya," kata Merkel yang menerima karangan bunga sebelum menyalami para pendukungnya.

Selama 86 hari setelah dia menang mutlak dalam pemilihan umum, Merkel justru gagal memperoleh mayoritas suara untuk membentuk pemerintahan. Akibatnya, Merkel harus membentuk koalisi besar dengan rivalnya.

Pemungutan suara di Bundestag, meski rahasia, hasil akhirnya bisa diduga. Dengan menguasai 504 dari 631 kursi parlemen, koalisi partai konservatif dan sekutu barunya, Partai Sosial Demokrat (SPD), menguasai parlemen.

Kini, Merkel tinggal menunggu persetujuan Presiden Joachim Gauck sebelum kemudian dilantik di parlemen. Merkel adalah kanselir Jerman ketiga pasca-perang yang memenangkan mandat untuk kali ketiga.

Setelah dilantik, Merkel akan melantik para menterinya yang dilanjutkan dengan rapat kabinet pertamanya sebelum kembali bekerja.

Rabu (18/12/2013), Merkel dijadwalkan memberikan pidato di parlemen dan dilanjutkan dengan kunjungan kerja ke Perancis, sebelum menghadiri KTT Uni Eropa pada akhir pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com