Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kali Serang Aleppo, AU Suriah Bunuh 34 Bocah

Kompas.com - 17/12/2013, 17:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Serangan udara pasukan Suriah ke posisi oposisi di Aleppo menewaskan 13 orang termasuk dua bocah. Menurut warta AP  pada Selasa (17/12/2013), serangan itu membidik wilayah timur Shaar. "Ini adalah serangan kali ketiga ke wilayah tersebut,"kata pernyataan Pemantau HAM Suriah yang berbasis di London.

Di Aleppo, Shaar adalah kawasan bisnis penting bagi Suriah. Kawasan itu menjadi salah satu basis perlawanan oposisi. Di Shaar, oposisi membangun pula wilayah pertahanan. Catatan lembaga pemantau itu juga menunjukkan kalau di antara korban tewas, ada seorang perempuan.

Serangan paling mutakhir ini terjadi pascaserangan pada Minggu (15/12/2013). Kala itu, pasukan udara Suriah menewaskan 76 orang. Dari jumlah itu, 28 di antaranya adalah anak-anak.

Kemudian, serangan ke lokasi sama pada Senin kemarin, membunuh sekitar 10 warga sipil. Dari jumlah itu empat di antaranya adalah anak-anak.

Lembaga pemantau itu mengatakan angkatan udara Suriah menjatuhkan bahan peledak TNT di dalam tong-tong dari pesawat-pesawat angkut semacam helikopter. Menurut militer Suriah, bahan peledak seperti itu lebih murah harganya ketimbang bom reguler yang acap dibeli dari Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com