Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paksa Orang Membeli Bunga, Anggota Mafia Ditangkap Polisi

Kompas.com - 16/12/2013, 22:37 WIB
ROMA, KOMPAS.com — Kepolisian Italia, Senin (16/12/2013), menangkap empat orang tersangka anggota mafia yang memaksa para pemilik toko membeli bunga tradisional Natal dengan harga 100 euro atau sekitar Rp 1,6 juta.

Keempat tersangka itu menjual bunga untuk mengumpulkan uang bagi para anggota mafia yang kini menjalani hukuman di penjara. Bunga poinsettia merah merupakan hadiah Natal tradisional di Italia, biasanya dijual dengan harga 3 euro-4 euro.

Keempat orang itu diduga merupakan anggota klan Mazzarella dari Camorra, yang merupakan organisasi mafia dari Napoli. Korban mereka adalah para pemilik toko di pusat perbelanjaan ramai di kota Napoli.

"Di beberapa bagian Napoli, bunga poinsettia, yang seharusnya bisa melembutkan hati seseorang, justru mengandung kejahatan," ujar polisi dalam pernyataannya.

Masa menjelang Natal seperti ini biasanya menjadi kesempatan bagi mafia untuk "memanen rezeki", terutama dari uang perlindungan di berbagai toko. Namun, dengan resesi ekonomi yang tengah menghantam Italia, mafia juga kesulitan mendapatkan penghasilan karena banyak tempat bisnis yang gulung tikar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com