Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Klaim Sukses Kirim Kera Kedua ke Orbit Bumi

Kompas.com - 15/12/2013, 01:41 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran, Sabtu (14/12/2013), mengumumkan telah berhasil memulangkan kembali seekor kera ke Bumi setelah meluncurkan hewan itu ke angkasa luar dalam uji coba kedua tahun ini.

Presiden Hassan Rohani mengucapkan selamat kepada para ilmuwan yang terlibat dalam misi ini. Demikian laporan kantor berita IRNA.

"Berkat kebesaran Tuhan dan kerja keras para ilmuwan Iran, roket Pajohesh (riset) yang membawa kera kedua bernama Fargam (Harapan Baik) dikirim ke angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat," kata Rohani dalam pesan tertulisnya.

Sejumlah laporan menyebut roket itu terbang hingga ketinggian 120 kilometer sebelum kembali turun. Stasiun televisi Pemerintah Iran menampilkan saat-saat peluncuran roket yang diklaim dilakukan pada Sabtu (14/12/2013) pagi.

Dalam tayangan itu terlihat sebuah helikopter membawa kapsul yang menurut televisi pemerintah berisi seekor kera. Tak lama kemudian, sebuah foto seekor kera yang mengenakan pakaian berwarna merah ditayangkan.

Pada Januari lalu, Pemerintah Iran juga mengklaim sukses mengirim roket berisi kera bernama Pishgam ke orbit Bumi dan kembali dengan selamat.

Presiden Iran terdahulu, Mahmoud Ahmadinejad, mempromosikan program luar angkasa Iran secara besar-besaran. Bahkan Ahmadinejad mengatakan siap menjadi orang Iran pertama yang "dikorbankan" untuk dikirim ke orbit Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com