Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Italia Tangkap Pimpinan Mafia Sisilia

Kompas.com - 13/12/2013, 22:09 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Kepolisian Italia menangkap keluarga dekat dari bos mafia Sisilia yang paling dicari dan menyebutnya sebagai pukulan besar bagi kepemimpinan mafia, Jumat (13/12/2013).

Kakak, sepupu, dan dua keponakan Matteo Messina Denaro termasuk dalam 30 orang yang ditangkap dalam salah satu operasi antikriminalitas terbesar di Pulau Sisilia dalam beberapa tahun belakangan.

Mereka ditangkap dengan tuduhan menjadi anggota kelompok penjahat dan pemerasan, seperti dilaporkan wartawan BBC, Alan Johnston, dari Roma.

Matteo Messina Denaro didakwa membunuh belasan orang dan menjadi buron selama 20 tahun, dan pernah mengatakan bahwa dia sendiri yang "mengisi semua kuburan". Selain itu, sejumlah benda senilai 7 juta dollar AS atau sekitar Rp 70 miliar disita dalam operasi ini.

Polisi mengatakan, kelompok pimpinan Denaro—yang sering disebut superbos—antara lain menguasai industri konstruksi.

Mafia Sisilia saat ini tidak sekuat dulu lagi setelah beberapa bosnya yang terkenal ditangkap dan dipenjara. Hal itu yang membuat Denaro mewarisi posisi yang disebut sebagai capo di tutti capi atau bos dari para bos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com