Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaman Mandela Tertutup untuk Umum

Kompas.com - 13/12/2013, 14:50 WIB
JOHANNESBURG, KOMPAS.COM — Warga Afrika Selatan tidak akan bisa melihat jenazah Nelson Mandela diletakkan di tempat peristirahatan terakhir karena pemakamannya menjadi urusan pribadi, urusan keluarga. Demikian kata juru bicara pemerintah, Jumat (13/12/2013).

Setidaknya 5.000 orang, termasuk para pejabat asing dan tokoh-tokoh politik senior, diperkirakan akan menghadiri upacara pemakaman pada hari Minggu mendatang di Qunu, tempat masa kanak-kanak Mandela.

Namun, begitu kesempatan untuk umum selesai, saat pemakaman, berdasarkan permintaan keluarga, murni menjadi urusan pribadi. Demikian kata juru bicara pemerintah, Phumla Williams, kepada AFP. "Keluarga telah mengindikasikan bahwa mereka ingin menjadikan pemakaman itu sebagai urusan keluarga," kata Williams. "Mereka tidak ingin disiarkan televisi. Mereka tidak ingin orang melihat saat jenazah diturunkan."

Setelah tiga hari disemayamkan di ibu kota negara di Pretoria, peti mati Mandela akan diterbangkan ke Qunu pada Sabtu pagi. Sebuah panggung khusus dan tenda telah didirikan buat upacara pemakaman yang terbuka untuk publik selama dua jam yang dimulai pukul 08.00 pagi (atau pukul 13.00 WIB) pada hari Minggu.

Pada Kamis malam, sebanyak 3.000 awak media sudah tiba di lokasi terpencil di Eastern Cape itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com