Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Belanda yang Diculik di Yaman Dibebaskan

Kompas.com - 10/12/2013, 19:43 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Pasangan Belanda yang diculik di Yaman sejak Juni lalu telah dibebaskan dan keduanya dalam kondisi sehat. Demikian penjelasan pemerintah Yaman dan Belanda, Selasa (10/12/2013).

Jurnalis lepas Judith Spiegel, yang bekerja sebagai peneliti di Yaman, dan kekasihnya Boudewijn Berendsen hilang tak lama setelah mereka meninggalkan kediaman mereka di ibu kota Yaman, Sanaa.

Tak lama kemudian video berisi permintaan tolong keduanya muncul di situs YouTube. Dalam video itu mereka mengatakan para penculik mengancam akan membunuh keduanya kecuali pemerintah Belanda memenuhi permintaan para penculik.

Dalam video itu tak dijelaskan permintaan yang diajukan para penculik dan tak satupun kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas penculikan itu.

Dalam pernyataan bersama pemerintah Yaman dan Belanda yang dibacakan di stasiun televisi nasional, mengatakan keduanya telah dibebaskan dan kini sudah diterima dubes Belanda di Sanaa.

Sejumlah warga Barat menjadi korban penculikan tahun ini di Yaman. Pelaku penculikan tak jarang adalah kelompok kesukuan yang menggunakan penculikan untuk menekan pemerintah agar membebaskan keluarga mereka yang ditahan atau memperbaiki layanan publik.

Kelompok militan terkait Al Qaeda juga kerap mendalangi penculikan di Yaman.

Sejak lengsernya diktator Ali Abdullah Saleh pada 2011, Yaman berjuang keras untuk menjaga stabilitas politik negeri itu.

Selain harus menghadapi Al Qaeda Semenanjung Arabia, pemerintah Yaman juga harus mengatasi serangan terhadap aparat keamanan, pemberontakan, dan upaya pemisahan wilayah selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com