Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Pelayat Mandela Berdatangan

Kompas.com - 10/12/2013, 13:30 WIB
Puluhan ribu pelayat mulai berdatangan ke Johannesburg, Afrika Selatan untuk mengikuti prosesi kenegaraan pemakaman Nelson Mandela.

Upacara peringatan ini akan dimulai hari ini pada pukul 11.00 waktu setempat dan diperkirakan akan berlangsung empat jam, seperti yang tertera dalam program resmi.

Koresponden diplomatik BBC di Johannesburg, James Robbins mengatakan orang-orang berkemah di sekitar stadion semalaman pada Senin (09/12) untuk memastikan mereka mendapatkan tempat di dalam stadion FNB yang terletak di kota itu.

Tetapi karena tempat duduk publik tidak dikenakan biaya, pemerintah yakin akan banyak orang yang tidak kebagian tempat, tambah Robbins.

Ratusan orang sudah berkumpul di luar stadion, kata wartawan BBC lainnya, Joe Winter, yang melaporkan dari tempat kejadian dimana mereka berjaga di sana sepanjang malam.

Kebanyakan mereka memakai kaus bergambar Mandela, sepakbola Afrika Selatan dan rugby. Mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan melawan apartheid.

Upacara peringatan ini kemungkinan menjadi salah satu pertemuan terbesar para pejabat internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Diperkirakan akan ada lebih dari 100 pejabat baik kepala negara maupun mantan kepala negara yang akan menghadiri pemakaman atau peringatan nasional ini.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Sekjen PBB Ban Ki-moon juga termasuk yang akan bergabung dalam acara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com