Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Besar Xaver Hantam Eropa

Kompas.com - 06/12/2013, 16:56 WIB
Badai besar melanda bagian utara Eropa, menyebabkan setidaknya tiga orang te was dan merusak jalur transportasi. Angin dengan kecepatan hingga 228 km per jam menghantam Skotlandia.

Seorang pengemudi truk tewas ketika kendaraannya terbalik karena badai kencang di wilayah itu, sementara seorang pria tewas karena tertimpa pohon di daerah England.

Di Denmark, seorang perempuan juga tewas setelah sebuah truk terbalik dan menimpanya. Di Jerman, pelabuhan Hamburg dihantam oleh gelombang air pasang yang besar. Ada kekhawatiran bahwa badai ini akan sekuat banjir yang menewaskan 300 orang di kota itu pada 1962.

"Pelaut yang hilang"

Badai Xaver melanda Eropa utara pada Kamis (05/12), menyebabkan puluhan ribu rumah tanpa listrik. Dua pelaut juga dikabarkan tersapu dari kapal yang terletak di 22 kilometer sebelah pantai selatan Swedia, dan tim penyelamat gagal menemukan mereka.

Badan Lingkungan Inggris mengatakan gelombang pasang bisa membawa banjir di daerah pantai yang signifikan, dan penahan banjir di Sungai Thames sedang ditutup untuk melindungi London.

Pemerintah Inggris mengatakan, mereka telah mengevakuasi warga di Great Yarmouth, bagian timur England, menambahkan bahwa hal itu bisa menjadi gelombang badai terbesar selama 60 tahun.

Layanan transportasi mengalami gangguan di Eropa utara. Bandara Schiphol di Amsterdam, 120 penerbangan dibatalkan atau dialihkan ke bandara Hamburg. Sementara penerbangan di Inggris dari Glasgow, Edinburgh dan Aberdeen juga dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com