Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paman Pemimpin Korut Dilaporkan Sehat

Kompas.com - 05/12/2013, 12:43 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM — Setelah berita pemecatannya dari dua jabatan elite di pemerintahan Korea Utara terungkap di media, Jang Song Thaek (67) dilaporkan masih hidup dan selamat. Namun, kebenaran berita pemecatan paman dari pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, itu belum bisa dipastikan.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae memastikan bahwa keselamatan Jang tak terancam. ”Saya mengetahui bahwa Jang Song Thaek tidak berada dalam kondisi yang membahayakan jiwanya,” kata Ryoo di hadapan anggota parlemen dalam pertemuan darurat di Seoul, Rabu (4/12/2013).

Sehari sebelumnya, seperti disampaikan anggota DPR Korsel, Jung Cheong-rae, mengutip laporan Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS), Jang Song Thaek dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Kepala Departemen Partai Pekerja.

Jang adalah suami dari Kim Kyong Hui, adik perempuan mendiang pemimpin Korut Kim Jong Il. Jang selama ini dianggap sebagai orang paling berkuasa kedua di Korut setelah Jong Un, yang menggantikan Jong Il saat ayahnya itu meninggal dunia pada akhir 2011.

Dua anak buah Jang juga dilaporkan telah dieksekusi karena kasus korupsi bulan lalu. Namun, kebenaran kabar pemecatan tersebut masih kabur. Belum ada bantahan ataupun pembenaran dari Korut. Muncul keraguan tentang akurasi informasi dari NIS, mengingat lembaga tersebut sebelumnya beberapa kali salah informasi tentang Korut.

”Terlalu dini untuk memastikan dugaan itu bisa dipercaya,” kata Kim Yong-hyun, pakar Korut dari Universitas Dongguk.(AFP/AP/REUTERS/ENG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com