Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Paling Berpengaruh: Rohani, Netanyahu, Al-Sisi, atau Erdogan?

Kompas.com - 29/11/2013, 20:39 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menjelang akhir tahun seperti ini, para editor majalah ternama TIME seperti biasa akan memilih tokoh tahun ini. Nama-nama tokoh yang kemungkinan akan menjadi pilihan sudah mulai bermunculan.

Pemilihan "Tokoh Tahun Ini"—yang pada masa lalu ditempati antara lain Mahatma Gandhi hingga Hitler—memiliki versi baru di mana para pengguna internet bisa memilih tokoh yang menurut mereka paling berpengaruh.

Setelah nama kandidat dipilih, kemudian ada tahap selanjutnya di mana kandidat yang sama akan dihadapkan dengan tokoh pilihan pengguna internet.

Tahun ini, PM Turki Recep Tayyip Erdogan berhadap-hadapan dengan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Sementara Presiden Iran Hassan Rohani harus menghadapi PM Israel Benyamin Netanyahu.

Rohani memimpin

Rohani untuk sementara mengatasi Netanyahu dengan selisih suara yang sangat besar. Rohani mengumpulkan 77 persen suara dan Netanyahu hanya 23 persen.

Keberhasilan Rohani ini tak lepas dari pendekatan diplomatik bersejarah dengan AS yang berujung pada kesepakatan terkait program nuklir Iran.

Sementara itu, PM Turki Recep Tayyip Erdogan yang terkenal sangat "vokal" masih berimbang dengan Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi, pemimpin militer Mesir yang menggulingkan Muhammad Mursi.

Erdogan memang memimpin perolehan suara, tetapi sangat tipis dari Al-Sisi, yaitu 52 melawan 42. Sejauh ini, sudah 840.000 pengguna internet yang mengikuti voting yang akan ditutup pada 4 Desember 2013 dan hasil akhir akan dirilis pada 6 Desember 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com