Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok di Hebron, Tentara Israel Tewaskan 3 Anggota Militan Palestina

Kompas.com - 27/11/2013, 16:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Bentrok di Hebron, kawasan Tepi Barat, antara tentara Israel dan kelompok militan Palestina, berbuah kematian. Sumber Palestina mengatakan, insiden pada Selasa kemarin menewaskan tiga anggota militan Palestina, tulis APpada Rabu (27/11/2013). "Awalnya, pihak Israel mengumumkan dua anggota militan Palestina tewas. Kemudian, Israel menambahkan kalau korban tewas menjadi tiga orang," kata pihak Otoritas Palestina. Sementara itu, Juru Bicara Angkatan Darat (AD) Israel Peter Lerner mengatakan kalau kelompok militan menyerang pihaknya terlebih dahulu. "Menurut kami, anggota militan Palestina membawa bahan peledak dan senjata di dalam mobil mereka," kata Lerner.

Hingga berita ini diunggah, tidak ada informasi segera ihwal identitas korban tewas. "Kami menduga, anggota militan Palestina terkait dengan jaringan Al Qaeda," kata Peter Lerner.

Pada bagian lain, seorang anggota unit polisi khusus Israel mengatakan, selain bentrokan di Hebron, Israel juga berhadapan dengan kelompok teroris asal Yaman di Yata, tak jauh dari Gunung Hebron. Pihak Israel mengatakan, kelompok militan bertahan di sebuah rumah dan mulai menyerang terlebih dahulu ke arah pihak kepolisian yang datang akan menangkap mereka.

Di pihak lain, saksi mata dari Palestina mengatakan, pasukan Israel menembaki kawasan Yata. Mereka juga mengepung beberapa rumah warga Palestina. "Pihak Israel juga memblokade Yata. Israel juga melarang ambulans Palestina mencapai daerah para korban," demikian pernyataan pihak Palestina.

Bentrokan kedua belah pihak berlangsung saat perunding Palestina dan Israel tengah menyiapkan putaran negosiasi damai lanjutan. Terhitung sejak Juli, jumlah korban tewas di pihak Palestina yang diakibatkan perang tersebut menjadi delapan orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com