Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus: Gereja Katolik Harus Rangkul Umat Muslim

Kompas.com - 26/11/2013, 23:21 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Sebuah dokumen penting dirilis Vatikan, Selasa (26/11/2013), berisi berbagai hal tentang reformasi Vatikan, nasihat untuk umat Katolik, dan soal perempuan menjadi imam.

Dalam dokumen itu juga terdapat pesan Paus Fransiskus soal hubungan antara Gereja Katolik dan komunitas berbagai agama lain di dunia.

Paus Fransiskus menilai, hubungan yang baik dengan dunia Islam sangat penting bagi Gereja Katolik, apalagi beberapa tahun belakangan gelombang imigran Muslim terus memasuki negara-negara yang secara tradisional adalah negara Kristen.

"Kami, umat Kristen harus merangkul dengan penuh kasih dan rasa hormat para imigran Muslim yang datang ke negeri kami. Dalam hal yang sama, kami juga berharap dan meminta bisa diterima dan dihormati di negara-negara dengan tradisi Islam," kata Paus.

"Dengan rendah hati saya memohon dengan sangat agar negeri-negeri Islam juga menjamin kebebasan umat Kristen menjalankan kepercayaannya, sama halnya dengan kebebasan yang dirasakan umat Muslim di negara-negara Barat," tambah Paus.

Dalam dokumen itu terdapat juga anjuran Paus kepada para imam Katolik tentang bagaimana memberikan khotbah yang lebih baik dan seruan agar para imam berusaha lebih dekat lagi dengan umatnya.

"Pintu gereja harus selalu terbuka. Sehingga jika seseorang, digerakkan oleh Roh Kudus, datang mencari Tuhan, maka dia tidak akan menemukan pintu yang tertutup," Paus menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com