Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arah Negosiasi Nuklir Iran Semakin Tidak Jelas

Kompas.com - 24/11/2013, 02:03 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Arah negosiasi antara negara-negara kekuatan utama dunia dan Iran terkait program nuklir negeri itu semakin tak menentu. Setelah pada Sabtu (23/11/2013), Menlu AS John Kerry akan meninggalkan Swiss dan ketua negosiator Iran juga mengungkapkan keraguannya.

"Negosiasi yang intens dan sulit terus berlangsung dan tidak jelas apakah kami bisa mencapai kesepakatan (Sabtu) malam ini," kata ketua tim negosiator Iran, Abbas Araqchi.

"Perselisihannya kini menyangkut pemilihan kata-kata," tambah Araqchi seperti dikutip kantor berita Fars.

Pembicaraan ini ditujukan untuk menyelesaikan kesepakatan soal pembekuan sebagian program nuklir Iran, demi meringankan kekhawatiran dunia terkait ambisi Teheran mengembangkan senjata nuklir.

Sebenarnya, kedatangan para menteri luar negeri seperti John Kerry ke Geneva sempat memunculkan harapan, setelah tiga hari negosiasi sebuah kesepakatan sudah di depan mata.

Namun, sejak kedatangan para menteri luar negeri itu, para perunding dari kedua pihak justru mengindikasikan masiih terdapat sejumlah perbedaan yang harus dijembatani.

"Kini kami memasuki tahapan yang sulit," kata Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sambil menambahkan Iran tak akan tunduk pada "tuntutan yang berlebihan".

"Dalam setiap kesepakatan, pengayaan uranium Iran tidak boleh ditunda," ujar Zarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com