Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Didesak Segera Bebaskan Veteran Perang AS

Kompas.com - 22/11/2013, 18:45 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Para pejabat Amerika Serikat mendesak Korea Utara untuk membebaskan warga Amerika Serikat menyusul laporan bahwa veteran perang berusia 85 tahun itu ditahan di negara komunis tersebut.

Ia adalah Merrill Newman, seorang veteran Perang Korea. Putranya menuturkan bahwa Newman diturunkan dari pesawat oleh sejumlah petugas berseragam bulan lalu. Saat itu, Newman sudah akan meninggalkan Korea Utara setelah mengikuti paket wisata berpemandu.

Menurut putranya, Jeffrey, Merrill Newman bepergian ke Korea Utara bersama seorang teman dan mengikuti program wisata yang dioperasikan biro perjalanan "yang mengantongi izin dari pemerintah Korea Utara untuk menyelenggarakan tur bagi turis asing".

Wakil Khusus Amerika Serikat untuk Kebijakan Korea Utara Glyn Davies mengatakan, "Kami menyerukan kepada Korea Utara, sama dengan kasus Kenneth Bae, untuk menyelesaikan masalah ini dan membebaskan warha negara kami."

Amerika Serikat secara resmi belum mengukuhkan penangkapan Merrill Newman, tetapi Glyn Davies mengisyaratkan bahwa Washington menjalin kontak dengan para diplomat Swedia, yang mewakili kepentingan Amerika di Pyongyang.

Selain Newman, Korea Utara juga menahan warga Amerika Serikat, Kenneth Bae, sejak November tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com