Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Myanmar Tahan 3 Pria yang Berencana Ledakkan Masjid

Kompas.com - 20/11/2013, 16:25 WIB
YANGOON, KOMPAS.com - Kepolisian Myanmar, Rabu (20/11/2013), mengatakan telah menangkap tiga orang yang berencana untuk meledakkan sejumlah masjid di negeri itu.

Ketiga tersangka, lanjut polisi, adalah para pemeluk Buddha yang berasal dari negara bagian Rakhine, yang menjadi pusat kekerasan sektarian antara umat Buddha dan Muslim beberapa waktu lalu.

"Mereka berencana untuk meledakkan masjid, setelah menjalani pelatihan di negara bagian Karen," ujar seorang perwira polisi Myanmar yang tak mau disebut namanya.

Sebuah laporan harian pemerintah New Light of Myanmar menyebut sebuah penggrebekan di sebuah penginapan di Yangon menangkap basah seorang tersangka, pria berusia 34 tahun, sedang meracik bubuk mesiu dan berbagai material lainnya.

Harian itu menambahkan, dalam penyelidikan lanjutan polisi menangkap dua orang tersangka lainnya yang berusia 31 dan 28 tahun. Tiga penangkapan ini terjadi pada Sabtu (16/11).

Harian berbahasa Inggris itu melanjutkan, salah seorang tersangka telah mendapat pelatihan di daerah perbatasan dan menerima dua buah ranjau siap pakai dan satu paket bubuk mesiu.

Pada Oktober lalu, serangkaian insiden ledakan bom mengguncang Myanmar, termasuk di hotel mewah Traders Hotel di Yangon yang mencederai seorang perempuan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com