Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emas Batangan Senilai Rp 11 Miliar Ditemukan di Toilet Pesawat

Kompas.com - 20/11/2013, 13:49 WIB
KOLKATA, KOMPAS.COM — Sejumlah petugas kebersihan yang sedang membersihkan sebuah pesawat komersial di India timur menemukan 24 emas batangan senilai lebih dari 1 juta dollar AS (atau hampir Rp 11 miliar) yang dimasukkan di kompartemen toilet, kata para pejabat, Rabu (20/11/2013).

India, yang bersaing dengan China sebagai konsumen emas terbesar di dunia, telah mengalami lonjakan penyelundupan setelah pajak bea masuk naik tiga kali tahun ini guna mengurangi permintaan akan logam mulia tersebut.

Pesawat itu milik Jet Airways yang sedang dibersihkan di bandara Kolkata pada Selasa setelah melakukan perjalanan dari kota Patna di timur negara itu. Pesawat tersebut sebelumnya terbang di rute internasional.

"Staf kebersihan bandara melakukan tugas rutin mereka dan menemukan dua kantong di toilet pesawat itu," kata BP Mishra, seorang direktur bandara, kepada AFP. Ia mengatakan, emas batangan satu kilogram itu "belum diklaim oleh siapa pun. Belum ada penangkapan yang telah dilakukan".

Petugas senior bea dan cukai, RS Meena, memperkirakan nilai hasil temuan itu sekitar 1,1 juta dollar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com