Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Mal Ambruk, Puluhan Orang Terjebak

Kompas.com - 20/11/2013, 11:19 WIB
Satu orang tewas dan 50 orang terperangkap setelah sebuah pusat perbelanjaan yang sedang dibangun ambruk di Afrika Selatan. Regu penolong bekerja di kegelapan dan menggunakan anjing pelacak untuk mencari para korban di reruntuhan mal yang terletak di Tongaat, utara Durban.

Sekitar 30 orang telah dibawa ke rumah sakit, beberapa di antaranya mengalami luka trauma berat, kata paramedis. Para pejabat mengatakan, mereka yang terjebak adalah pekerja konstruksi.

Situasi sulit

"Upaya penyelamatan menjadi sangat sulit di kegelapan," kata ketua regu penolong, Neil Powell, dalam program radio BBC World Service Focus on Africa.

Powell mengatakan, para pekerja terjebak di antara puing dan rangka bangunan.

Wakil wali kota Tongaat mengatakan kepada media Afrika Selatan bahwa pihak berwenang telah mendapatkan surat perintah untuk menghentikan konstruksi di situs itu.

"Ada area hukum yang tidak dipatuhi oleh perusahaan jasa konstruksi dalam pembangunan gedung itu," kata Nomvuzo Shabalala kepada televisi ENCA. "Kami tidak mengetahui bahwa mereka meneruskan pembangunan gedung itu," tambahnya.

Chris Botha, dari perusahaan ambulans Netcare 911 mengatakan, masih terlalu awal untuk mengetahui penyebab ambruknya bangunan. "Ini akan menjadi operasi pertolongan yang panjang. Akan butuh waktu untuk menyelamatkan semua orang," kata Botha pada BBC.

Kecelakaan terjadi pada hari Selasa (19/11/2013) pada pukul 16.30 waktu setempat (21.30 WIB).

Sekitar 100 orang anggota regu penolong berada di lokasi, di mana perangkat hidrolik digunakan untuk menghancurkan semen.

Tongaat adalah kota kecil sekitar 40 km di utara Durban dan memiliki populasi Asia-Afrika yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com