Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Komandan Pemberontak Suriah Tewas

Kompas.com - 18/11/2013, 17:29 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Salah seorang komandan senior kelompok pemberontak Suriah tewas karena luka-luka akibat serangan udara pemerintah di dekat Aleppo.

Abdul Qadir al-Saleh -yang memimpin Liwa al-Tawhid- meninggal dunia Minggu (17/11/2013) malam, seperti dinyatakan oleh salah seorang juru bicaranya.

Luka yang menyebabkan tewasnya al-Saleh disebabkan serangan udara, Kamis (14/11), atas pangkalan udara yang dikuasai pemberontak.

Pekan lalu, pihak oposisi Suriah mengatakan al-Saleh, yang juga dikenal dengan nama Haji Marea, berada dalam kondisi baik di rumah sakit.

Liwa al-Tawhid atau Batalion Monoteisme didirikan Juli 2012 untuk menyatukan berbagai kelompok pemberontak yang beroperasi di pinggiran Aleppo.

Akhir bulan itu juga Liwa al-Tawhid melancarkan operasi untuk menguasai kota Aleppo.

Dengan anggota diperkirakan sekitar 8.000 sampai 10.000 pejuang, saat ini mereka merupakan satu-satunya kekuatan pemberontak di wilayah tersebut.

Bulan Januari 2013 batalion ini bergabung dengan Barisan Pembebasan Islam Suriah, SILF, yang mengakui Dewan Militer bentukan Tentara Pembebasan Suriah yang didukung negara-negara Barat namun tidak bergabung ke Koalisi Nasional.

Juru bicara Liwa al-Tawhid mengatakan kepada kantor berita AP bawah penggantinya adalah Abdul Aziz Salama, yang saat ini menjabat pemimpin politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com