Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Pertanian Filipina lantaran Haiyan Bertambah

Kompas.com - 18/11/2013, 13:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Kerugian pertanian dari hulu ke hilir Filipina lantaran supertopan Haiyan makin bertambah. Menurut Asisten Menteri Pertanian Filipina Edilberto de Luna, sampai kini, kerugiannya mencapai 12 miliar peso atau setara dengan 275,37 juta dollar AS. Data termutakhir Kementerian Pertanian Filipina hari ini, Senin (18/11/2013) sebagaimana warta AP , menunjukkan kerugian tersebut termasuk rusaknya infrastruktur irigasi dan pergudangan. "Banyak yang rusak lantaran Haiyan,"kata de Luna.

Pada 14 November 2013, atau enam hari setelah empasan Haiyan atau yang dikenal pula dengan nama Yohana, Kementerian Pertanian Filipina memerlukan dana 4,74 miliar peso atau setara dengan 108, 81 juta dollar AS. Dana itu digunakan untuk rehabilitasi lahan yang rusak oleh supertopan Haiyan. "Dana itu juga untuk penyediaan bibit dan perlengkapan pertanian,"kata de Luna.

Saat ini, ujar de Luna, pihaknya terus memberi perhatian kepada petani untuk kembali menanam padi. Pemerintah juga memberi peluang untuk penanaman tanaman alternatif selain padi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com